Senin, 07 Oktober 2013

ARTICLE - MIGRASI ANGSA

Migrasi angsa
Menangkap foto aksi alam bebas dengan suasana khas



Para penggemar fotografi alam bebas di inggris mungkin akan lebih menanti musim dingin daripada musim-musim lainnya. Kawanan angsa dan bebek menawarkan fotografi burung yang paling mudah diakses di antara waktu lain disepanjang tahun, sehingga pemburu foto bisa menggunakan lensa pendek jika menemukan lokasi yang tepat.

“Saya mendapati foto-foto alam bebas paling menarik adalah foto yang menunjukan interaksi dan hubungan antara obyek dan lingkungannya,” ungkap fotografer alam bebas professional Ben Hall.”Dengan mempertimbangkan hal ini, lensa telephoto super tidak mutlak dibutuhkan.

“Daripada membuat frame sesempit mungkin, cobalah melihat dari dekat pada lanskap sekitarnya dan menggunakan elemen dalam pemandangan untuk ditambahkan pada foto. Pepohonan, perbukitan, danau, dan awan, misalnya, dapat dimanfaatkan untuk memberikan efek bagus, tapi perlu juga memastikan obyek tidak hilang dalam foto. Cobalah memposisikan obyek utama pada area berwarna kabur dan menggunakan bagian lanskap sebagai pendukung komposisi.

“Angsa termasuk burung yang besar dan terbang relative lambat dibandingkan dengan spesies yang lebih kecil. Meski demikian, shutter speed cepat tetap dibutuhkan untuk membekukan gerakan merata. Saya sarankan mulai dengan 1/750 detik untuk merekam burung yang terbang melintas frame.”
Pastikan ISO diatur cukup tinggi untuk memungkinkan penggunaan shutter speed secepat ini. Jika mengalami kesulitan dengan cahaya, kembalilah pada hari yang lebih cerah.”

Trik wajib dicoba..
- Untuk foto burung, pergilah ke kawasan margasatwa burung seperti di muara angke, Jakarta.
- Lensa dalam rentang 400 mm f/5.6 memberikan pilihan ringan yang sempurna untuk merekam burung terbang
- Tingkatkan ISO agar mencapai shutter speed yang cukup cepat untuk foto tajam.
- Gunakan continuous autofocus dan continuous drive untuk menangkapouncak aksi. Angsa, salju, dan langit bersih memuat tonal lebih banyak tonal ringan. Lakukan eksposur agar histogram cenderung berada di kanan, tapi tidak mengalami penggabungan.
- Tunggulah hari yang dingin dan bersih untuk menangkap warna dilangit saat fajar dan senja. Kondisi yang mendung dan abu-abu akan tampak kusam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar