Selasa, 22 Oktober 2013

Article - Kategory Photography

Kategory Photography

Kategory photography cukup banyak dibahas atau bahasan yang membagi photograpy dari segi pekerjaannya, gender, dari lensa yang dipakai dll. Mungkin cukup membingungkan pembagiannya untuk lebih mudah mengelompokkan category photography saya membaginya menjadi 3 kelompok besar yaitu :
  1. Photography Commercial
  2. Photography Non commercial
  3. Photography Journalism

Tentunya dengan pembagian diatas terdapat sub bagian lainnya yang akan lebih memudahkan kita untuk mengerti pengelompokan photography meskipun nantinya juga semuanya akan berpulang dari idealisme dari photographer itu sendiri.

  1. Photography Commercial
Photo yang mengandung nilai commercial atau yang dapat di perjual belikan dan digunakan untuk commercial publikasi/ dapat dilihat atau dinikmati oleh orang banyak.
Photographer commercial akan lebih mengutamakan tujuan akhir dari photo yang dihasilkan. Menggunakan konsep sebelum pemotretan, persiapan dan pelaksanaan yang baik, tentunya juga disesuaikan dengan keinginan orang lain atau client.
Cabang dari Photography Commercial :
  1. Arsitektur photography
  2. Food photography
  3. Fashion dan Beauty
  4. Interior
  5. Wedding photography
  6. Stock photography
  7. Areal photography
  8. Product
  9. Still life photography
10. Dll

 2. Photography Non Commercial
Photo yang tidak ditujukan untuk commercial, Photographer Non commercial ini menganggap photography sebagai hobby ataupun kesenagan pribadi, pada pemotretannya tidak diharuskan memiliki konsep yang disesuaikan oleh orang lain dan lebih mengutamakan kepuasan pribadi. Dalam beberapa kasus photo non commercial ini dapat diperjual belikan juga bahkan terkadang hargnya lebih besar dari photo commercial, hal ini karena sudah melibatkan idealisme, mood, ataupun ide ide creative dari photographer yang mengambilnya. Yang pada akhirnya akan menjadi sebuah karya seni seperti halnya lukisan.
Pada photography non commercial ini konsep konsep dari photo tersebut juga sering dipakai di photography commercial.
Cabang dari Photography Non Commercial :
  1. Landscape photography
  2. High speed photography
  3. Underwater photography
  4. Night shoot photography
  5. Black and white photography
  6. Strobist photography
  7. Portrait photography
  8. Human Interst photography
  9. Infrared photography
10. Macro photography
11. Nature photography
12. Nude photography
13. Wild life photography
14. Lomography
15. Light painting
16. Miniatur photography
17. dll

3. Photography Journalism
Photography yang memiliki nilai berita dari photo yang dihasilkan, photo photo ini merupakan photo yang terekam dari kejadian yang nyata dan tidak di setting. Photo journalism bukan merupakan photography commercial meski juga photo tersebut memiliki nilai commercial jika dijual, Tujuan akir dari photo ini adalah memberikan gambaran ke public tentang cerita dibalik photo tersebut. Photo Jorunalism tidak bisa dikonsep terlebih dahulu karena kejadiannya nyata dan tidak di manipulasi. Cabang dari photography Journalism ini
  1. Journalis
  2. Dokumentary
  3. War photography
  4. Candid photography
  5. Street photography
  6. dll
Dari semuanya diatas tentunya pembagian dan pengelompokan dapat lebih atau berbeda dari penulis sampaikan diatas. Juga makin bertambahnya kreativitas yang ada makin memperbanyak cabang dan pembagian dari photography diatas
Copyright @ Herry Tjiang 1999
www.herrytjiang.com | www.camera.co.id | www.saturasi.com| www.ispschool.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar