Selasa, 16 Desember 2014

Mendapatkan White Balance Yang tepat

Mendapatkan White Balance Yang tepat

 
Apa yang kita lihat sebagai cahaya putih diam berbagai nuansa warna, atau "temperatur", dari warna biru yang sejuk ke warna merah yang hangat.Otak kita cerdas dalam memproses variasi ini, tetapi SLR membutuhkan pegaturan white balance yang akurat.

Memilih white balance yang sesuai penting agar terhidar dari munculnya berkas warna tidak diinginkan. kalau begitu mengapa tidak mengatur white balance pada setelan otomatis secara permanen,? auto white balance harus mengkalibrasi dan menyesuaikan pada setiap frame, yang artinya temperature menjadi tidak konsisten, menyebabkan timbulnya bercak-bercak warna pada fot. opsi terbaik adalah memilih white balance yang sesuai dengan kondisi pencahayaan. sebagaimana temperature warna yang umum sudah disiapkan sebagai setelan-setelan tetentu, yang disediakan dengan simbol seperti awan atau matahari. Setelan ini sangat akurat dan biasanya menyajikan hasil yang memuaskan. cobalah gunakan setelan cloudy ketika memotret dibawah langit mendung, atau light bulb ketika memotret dibawah sinar lampu bohlam.

Jika SLR anda memiliki fitur pre-white balance, melakukan pembacaan pemandangan memberikan hasil yang lebih baik. white balance yang paling akurat akan didapat dari mengukur temperatur cahaya menggunakan light meter dan memilih nilai K yang pas pada nilai white balance.

Tips.

1. Temukan white balance

Atur white balance pada kamera menggunakan pengaturan yang terdapat pada sistem menu. tekan tombol wb pada bodi kamera untuk mengaksesnya. setelah auto whte balance pada kamera modern umumnya dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

2. Sesuaikan dengan kondisi cahaya

pilih simbol white balance dan pengaturan yang paling mendekati kondisi cahaya pada pemotretan, misalnya cahaya lampu (tungsten) atau langit mendung (cloudy). kalau ada lebih dari satu kondisi pencahayaan, gunakan pengaturan yang disesuaikan.

3. Pilih White balance yang tepat

Arahkan SLR ke kartu putih di area pemandangan yang akan diabadikan (mengisi Frame) dan tekan shutter. Tekan menu, pilih custom wb, pilih gambar kartu putih, lalu pilih ok. pembacaan ini akan akurat selama kondisi cahaya tetap sama.


JAKARTA SCHOOL OF PHOTOGRAPHY
www.ispschool.co.id
infojsp@yahoo.com
info@ispschool.co.id

Phone : 021-27918999
Franchise Opportunity
and Photography Course 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar