Senin, 22 Desember 2014

Mengenal Macam-Macam Settingan Penting Pada Suatu Kamera (part II)

Mengenal Macam-Macam Settingan Penting Pada Suatu Kamera (part II)

Melanjutkan artikel update yang sebelumnya, yaitu tentang macam-macam setingan yang sangat penting untuk dilakukan pada kamera kita, untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut ini jenis settingannya :

* Exposure Meter

Exposure merupakan banyaknya cahaya yang masuk kedalam kamera melalui lensa yang ada dikamera kita. Expopsure ini terjadi umumnya disebabkan oleh tiga faktor, yaitu adanya aperture, shutter speed, dan yang terakhir adalah ISO. Exposure yang muncul pada viewfinder atau layar LCD kita akan sangat membantu kita untuk mendapatkan exposs yang pas. Apapun dan bagaimanapun, kamera hanyalah suatu tools fotografi, terkadang yang namanya matering tetapsaja sesekali menghasilkan exposure yang kita anggap salah.

* Mode Scene

Kebanyakan dari kamera yang beredar dipasaran saat ini, sudah menawarkan banyak fitur-fitur canggih dengan mode otomatis. Dimana fitur dengan mode ini sangat membantu dan memudahkan kita dalam menggunakannya karena dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Beberap mode yang sering kita jumpai diantaranya adalah :

- Landscape : memberikan pengaturan aperture yang kecil dan menonjolkan warna hijau dan biru.
- Portrait : Memberikan pengaturan aperture lebar agar background menjadi blur sementara subyek tetap terfokus dengan baik.
- Sports : Menggunakan shutter speed cepat, bebas blur yang diakibatkan oleh pergerakan
- Macro : Memudahkan kita untuk mendapatkan fokus ketika mendekat pada obyek.

* Mode Art

Fitur yang satu ini mampu memberikan efek yang tentunya memudahkan kita untuk terus berkreasi dalam setiap jepretan yang kita lakukan. Berikut ini merupakan macam-macam pilihan menu Mode Art yang biasanya ada pada kamera :

- Toy Camera : memungkinkan kita untuk memotret dengan contrast yang tinggi, saturas warna seperti toy camera.
- Fish-eye : akan memberikan efek distorsi pada suatu foto untuk memperbesar bagian tengah pada frame.
- Miniature : efek ini akan membuat obyek menjadi kelihatan lebih kecil dari aslinya.
- Soft Focus : obyek akan terlihat sedikit out of focus.
Selective Colour : akan mengubah warna foto greysicle menjadi warna lain, namun hanya satu warna yang akan muncul.

* Autofocus

Menguasai teknik manual fokus dalam sebuah bidang fotografi merupakan suatu hal yang sangat bagus, dimana hal ini sangat berguna bagi kita, khususnya pada kondisi tertentu. Walaupun begitu, kita jangan terlalu bergantung dengan manual focus, karena hal ini akan berpotensi menghasilkan gambar yang kurang fokus. Hal ini terjadi karena ketika kita menggunakan manual fokus, kita membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan fokus yang pas, sehingga peran Autofocus menjadi sangat penting.

sumber info : seputarfotografi.net


www.jsp.co.id
www.ispschool.co.id
infojsp@yahoo.com
info@ispschool.co.id

Phone : 021-42870868
Franchise Opportunity
and Photography Course

Tidak ada komentar:

Posting Komentar