Senin, 22 Desember 2014

Mengenal Macam-Macam Settingan Penting Pada Suatu Kamera (part III)

Mengenal Macam-Macam Settingan Penting Pada Suatu Kamera (part III)

Masih dengan tema uploadan sebelumnya, yaitu mengenai macam-macam settingan yang perlu dilakukan pada suatu kamera untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Berikut ini merupakan lanjutan tentang artikel yang di upload sebelumnya :

* Histogram

Histogram merupakan grafik yang akan menunjukan range tonal yang terdapat pada suatu foto. Dengan melihat dan membaca histogram ini, kita akan mengetahui apakah foto kita underexposure ataupun sebaliknya. Hal ini menjadi sangat berguna bagi kiita, mengingat sulitnya menilai exposure pada suatu foto, jika hanya dengan melihat pada LCD kamera.

- Underexposed : jika grafik memuncak pada sebelah kiri dan terdapat banyak pixel gelap pada foto kita, kemungkinan besar adalah Underexposed.
- Overexposed : jika grafik cenderung kearah dan memuncak ke kanan, maka akan ada banyak pixel terang dan kemungkinan terbesar adalah Overexposed.

* White Balance

Mendapati warna yang tidak biasa pada suatu hasil foto, pasti sering kita temui. Umumnya hal ini lebih dikarenakan oleh adanya bebrapa sumber cahaya yang memiliki warna dan temperatur yang berlainan. Dengan merubah pengaturan white balance pada kamera saat akan digunakan, akan sangat membantu kita untuk mendapatkan warna yang jauh lebih akurat.

* Auto

Sebagai seorang pemula memang akan lebih baik jika menggunakan manual mode saat akan memotret suatu subyek. Dengan pengaturannya yang otomatis, sehingga kita tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memotretnya. Pengaturan ini sangat cocok untuk merekam moment-moment yang sangat penting dan terjadi hanya sekian detik saja. Dengan moment yang singkat ini, kita akan terlambat mengabadikannya, jika kita harus mengatur kamera kita terlebih dahulu secara manual.

* Flash

Kamera Flash tidak hanya menjadi alat pelengkap saja dalam suatu kamera, namun kamera flash juga pada kondisi tertentu menjadi sangat penting fungsinya. Teknik flash dapat kita manfaatkan atau gunakan saat kita akan memotret suatu obyek dalam kondisi kurang cahaya. Namun ada satu kaondisi dimana sebaiknya kita mematikan kamera flash, yaitu saat akan mengambil obyek yang memiliki ambient light yang bagus, seperti cityscape pada malam hari dan saat event indoor. Jika kita tidak mematikan kamera flash, maka hasil gambar yang kita peroleh akan berpotensi mengalami blow-out dan tidak akan memiliki detile.

sumber info : seputarfotografi.net


JAKARTA SCHOOL OF PHOTOGRAPHY
www.jsp.co.id
www.ispschool.co.id
infojsp@yahoo.com
info@ispschool.co.id

Phone : 021-42870868
Franchise Opportunity
and Photography Course

Tidak ada komentar:

Posting Komentar